Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

Tuesday, May 19, 2020

Waspada! Kenali Ciri-Ciri Paru-Paru Basah Berikut Ini

Share

Paru-paru basah termasuk ke dalam salah satu penyakit berbahaya yang sepatutnya diwaspadai. Paru-paru basah sendiri merupakan kondisi yang terjadi akibat dari peradangan pada salah satu atau kedua paru-paru. Penyakit ini umumnya disebabkan karena infeksi pada paru-paru, lantas apa saja ciri-ciri dari paru-paru basah?

Waspada! Kenali Ciri-Ciri Paru-Paru Basah Berikut Ini

1. Batuk Kering Berkepanjangan
Ciri-ciri umum yang dialami penderita paru-paru basah adalah batuk kering yang tak kunjung sembuh dalam waktu yang lama. Tentu batuk kering berkepanjangan sangatlah menyiksa, sehingga jika Anda mengalami batuk kering selama beberapa minggu ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

2. Nyeri Pada Dada
Selain batuk, gejala umum yang juga kerap dirasakan penderita paru-paru basah adalah rasa nyeri pada dada. Nyeri pada dada akan semakin terasa ketika Anda batuk, tentu saja hal ini juga berdampak pada proses pernapasan yang terganggu.

3. Jantung Berdebar Cepat
Jantung berdebar cepat juga merupakan salah satu gejala paru-paru basah. Jantung yang berdebar lebih cepat dari biasanya ternyata cukup berbahaya, karena jantung akan bekerja lebih keras untuk dapat memompa darah ke seluruh tubuh.

4. Demam Tinggi dan Sering Berkeringat
Infeksi oleh virus dapat menimbulkan reaksi yakni demam tinggi, dan hal ini merupakan hal umum yang kerap dialami. Selain demam tinggi, penderita paru-paru basah juga sering mengeluarkan keringat berlebih. Jika hal ini terjadi pada Anda, segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui jenis penyakit apa yang sedang menyerang tubuh.

5. Sesak Napas
Selain hal diatas, sesak napas atau kesulitan bernapas juga dapat dialami penderita paru-paru basah. Terlebih ketika penderita dalam posisi berbaring, tempo napas pun menjadi sangat cepat atau pendek-pendek. Efek dari batuk kering berkepanjangan juga dapat menjadi penyebab mengapa terjadi kesulitan bernafas.

6. Nyeri Otot
Ketika paru-paru basah menyerang, tubuh akan merasa pegal-pegal akibat dari nyeri otot. Hal ini dapat terjadi karena tubuh yang terasa kaku ketika aliran darah berjalan tidak lancar.

7. Mual dan Muntah
Mual dan muntah juga dapat dialami penderita paru-paru basah. Bahkan karena terlalu sering merasa mual dan juga muntah, penderita akan kehilangan nafsu makan.

8. Warna Kulit Berubah
Gejala terakhir yang umum dirasakan penderita paru-paru basah adalah warna kulit yang berubah. Umumnya warna kulit akan berubah membiru disebabkan karena kekurangan oksigen.

Benarkah Mandi Malam Dapat Menyebabkan Paru-Paru Basah?
Hingga saat ini, belum ada bukti penelitian ilmiah mengenai mandi malam dapat menyebabkan paru-paru basah. Memang udara malam cenderung lebih menusuk dan dingin, namun nyatanya paru-paru basah disebabkan oleh infeksi ataupun penyakit lain yang memang sudah diderita sebelumnya.

Risiko terkena infeksi paru-paru pada malam hari dapat meningkat disebabkan karena suhu udara yang lebih dingin. Namun faktor tersebut belum cukup untuk membuat seseorang terserang infeksi paru-paru.

Itulah ciri-ciri paru-paru basah yang patut diwaspadai, karena lebih baik mencegah daripada mengobati.